Pentingnya Belajar Bahasa Arab

By Muthmainnah Ilham - 20:49

Bahasa Arab adalah bahasa yang Allah pilih menjadi bahasa Al-Quran. Begitu pula hadits Rasulullah SAW, semuanya berbahasa Arab. Oleh karena itu, sebagai Muslim wajib bagi kita mempelajari dan memahami bahasa Arab. Karena Islam tidak mungkin dipisahkan dari bahasa Arab.

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ، لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ

Aku tinggalkan sesuatu bersama kalian, jika kamu berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya yaitu Kitabullah dan Sunnahku.” (HR. Imam Malik dalam Al-Muwaththa’ 2/899)

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan,

فعلى كل مسلم أن يتعلم من لسان العرب ما بلغه جهده حتى يشهد به أن لا إله إلا الله وأن محمد عبده ورسوله ويتلوا به كتاب الله …

“Maka wajib atas setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat kemampuannya. Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dan dengannya dia bisa membaca kitabullah

Oleh karena itu, kemunduran Islam pun terjadi ketika bahasa Arab ditinggalkan, bahasa arab tidak lagi menjadi bahasa resmi dalam negara.Bahkan pintu ijtihad pun ditutup menjadikan umat semakin jauh dari Bahasa Arab. Padahal, dengan mempelajari dan memahami bahasa Arab kita paham pedoman hidup kita berupa isi kitabullah Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW.

Saat ini, dengan jauhnya umat Islam dari bahasa Arab menjadikan mereka menolak berbagai kewajiban dalam Islam karena ketidakpahaman mereka. Ditambah lagi upaya dari orang-orang kafir yang senantiasa mengaburkan dan mengkriminalisasi berbagai istilah dalam bahasa Arab. Umat pun masih bingung membedakan Khilafah dan Khalifah, umat bahkan menyamakan Demokrasi dengan musyawarah. Hal ini terjadi tentu karena umat tidak lagi menganggap penting bahasa Arab.

Hari ini para orang tua banyak yang berlomba untuk mengursuskan anaknya bahasa Inggris. Mereka pun rela mengeluarkan uang yang banyak untuk itu. Sebaliknya, masih sedikit orang tua yang memperhatikan anaknya agar dapat menguasai bahasa Arab. Inilah dampaknya ketika Islam dipisahkan dengan bahasa Arab.

Oleh karena itu, sudah saatnya kita kembali untuk menyadarkan umat pentingnya bahasa Arab. Saatnya umat bangkit dan menyambut datangnya peradaban Islam salah satunya dengan penguasaan bahasa Arab.

  • Share:

You Might Also Like

6 Comments

  1. Belajar Bahasa Arab hukumnya wajib dipelajari setiap muslim dan muslimah. Bahasa Arab menyatu dengan karisma Islam. Meskipun tergolong terlambat belajar Bahasa Arab, Alhamdulillah sudah dimulai. Semoga terlepas dari dosa.

    BalasHapus
  2. Jadi kangen pingin belajar bahasa arab lagi. Dulu pernah ikut kursus online, terus nyantol di satu level yang saya nggak paham-paham materinya.

    Selain ikut kursus bahasa, sepertinya punya kamus yang tepat juga bisa membantu agar kita lebih paham lagi.

    BalasHapus
  3. Sy juga suka ikut kelas bahasa Arab online mbak

    BalasHapus
  4. Aq banyak ikut kursus bahasa arab online ato offline, supaya bisa ngajarin anak dan baca kitab. tapi tetep aja ga nyantol2

    BalasHapus
  5. Masya allah... Jadi pengen lg belajar bahasa arab. 😥

    BalasHapus